back to top

Minggu, 16 Desember 2012

Sejarah Singkat MAN Rengel

Posted by Unknown On 04.30
MAN Rengel berawal dari sebuah lembaga pendidikan nonformal Pondok Pesantren Al Hidayah yang didirikan dan diasuh oleh K. Sholikin dan K. Subakir. Lokasi Ponpes ini di kampung Beron Desa Punggulrejo Rengel Tuban yang tidak jauh dari lokasi MAN Rengel sekarang.
Siswa dan santri ponpes ini dari putra-putri kampung setempat, yang pada awal keberadaan ponpes ini mereka banyak menetap dan bermukim di pondok.
Layaknya lembaga pendidikan nonformal ponpes ini bertujuan mencetak kader-kader muslim yang beriman dan bertakwa yang berwawasan kitabi dari qoul para ulama yang bersumber Al-Qur’an dan Assunnah.
Perjalanan lembaga ini mengalami pasang surut untuk mengantisipasi perkembangan dan melestarikan nilai-nilai pesantren. Atas dasar keinginan masyarakat Islam setempat, pada tahun 1984 Drs. Abu Nazaruddin (mantan Kepala MAN Tuban) bersama K. Subakir, H. Juwaeni, Drs. Kasan, H. Minhad, Zaenal Muttaqin, S.Ag, H. Suminto Hadi, tokoh Agama Islam, dan tokoh masyarakat, Muspika, serta kepala SLTP di Kecamatan Rengel, mengakumulasi gagasan itu untuk mendirikan Madrasah Aliyah.
Gagasan tersebut terkabul, dengan  bukti di awal Tahun Pelajaran 1984 disetujui untuk mendirikan MAN Tuban Filial di Rengel dengan Drs. Kasan sebagai kepala madrasah.
Lokasi pada awal berdirinya Madrasah Aliyah ini di SMP Muhammadiyah 2 Rengel, Jalan Raya Rengel 656 Rengel. Dikarenakan ada sesuatu hal, maka tahun 1985 lokasi belajar dipindah ke pondok pesantren di Beron kembali.  Pada tahun 1987 di atas tanah wakaf K. Subakir mulai dibangun gedung Madrasah Aliyah, yang sampai sekarang dijadikan lokasi MAN Rengel.
Pada Tahun Pelajaran 1993/1994 secara resmi madrasah ini dikukuhkan sebagai MAN Rengel oleh Drs. H. Abdul Muin dengan SK Menag No. 244 Tahun 1993.

Kontributor